Senin, 15 Januari 2018

Menjelajah Pulau Di Indonesia

Indonesia  memiliki berbagai pulau yang dapat dijadikan objek wisata, sehingga tak heran banyak turis asing yang berbondong – bonding dating ke Indonesia untuk mengeksplorasi pulau – pulau yang ada di Indonesia. Salah satu daerah wisata yang sering dijadikan target wisata oleh turis asing maupun local di Indonesia ialah Nusa Tenggara Timur (NTT) & Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya berkunjung ke NTB & NTT.

Pengalaman berkunjung ke NTT & NTB saya lakukan pada bulan Agustus 2013 bersama teman – teman saya berjumlah orang. Perjalanan kami mulai dari Jakarta, berangkat menggunakan pesawat dari bandara Soekarno Hatta menuju Bandara International Lombok. Sesampainya di Lombok kami dijemput oleh teman kami untuk menuju ke daerah Senggigi. Disana kami beristirahat satu hari sembari mempersiapkan segala keperluan kami untuk sailing trip ke NTT selama 4 hari 3 malam. Keesokan hari nya pada pukul 09:00 AM kami dijemput oleh tour guide kami untuk menuju meeting point dengan teman – teman traveler lainnya untuk registrasi dan briefing terkait perjalanan kami ke NTT. Tanpa disangka, dari 58 orang pengunjung hanya saya dan teman – teman saya yang berasal dari Indonesia. Sungguh pengalaman yang luar biasa, selain dapat mengeksplor pulau di  Indonesia kami juga dapat berbagi cerita dan ilmu dengan turis asing.

Dari tempat meeting point kami menuju pelabuhan menggunakan bis untuk nyebrang ke Labuan Bajo mnggunakan kapal ferry. Setelah sampai di Labuan Bajo kami lanjut dengan menggunakan boat untuk memulai  perjalanan kami menuju pulau – pulau yang ada di NTT. Tujuan pertama kami ialah Gili Bola, perjalanan yang cukup panjang membuat kami terlelap sepanjang perjalanan menuju Gili Bola. Namun sesampainya disana kami tak dapat memejamkan mata kami sedetikpun melihat keindahan lembah – lembah kecil yang berada di atas laut yang biru. Setelah pengait boat ditancapkan, seluruh turis turun dari boat dan kami langsung menuju puncak lembah tertinggi yang ada disana agar kami dapat melihat keindahannya dari atas. Sesampainya di atas lembah kami hanya bisa mengucap syukur karena dapat melihat langsung ciptaan tuhan yang indah ini. Setelah kurang lebih 20 menit kami di atas kami kembali turun dan menuju pulau Satonda.
Sesampainya di pulau Satonda kami harus berjalan kaki kitar 20 menit untuk menuju air terjun didalam nya. Kami melewati pohon – pohon tinggi dan juga jalanan yang masih tanah dan berbatuan. Setelah mendengar gemericik air , kami semakin semangat untuk melangkahkan kaki kami untuk ingin segera sampai disana. Akhirnya setelah berjalan beberapa menit kami pun sampai dan langsung menikmati segarnya air terjun disana sekitar 1 jam.
Setelah dari pulau Satonda kami kembali ke boat untuk beristirahat dan makan bersama, meskipun hanya disugguhkan makanan sederhana dengan kebersamaan dan canda tawa bersama teman – teman menjadikan moment tesebut menjadi indah.
Keesokkan hari nya, kami melanjutkan perjalanan kami ke pulau yang terdapat binatang langka (Komodo) yaitu Pulau Komodo. Untuk mengelilingi pulau tersebut kami harus berjalanan kaki kurang lebih 3,5jam. Perjalanan terasa agak melelahkan karena pada saat itu cuaca sangat terik sekali. Namun pengalaman melihat komodo tidak kami sia – sia kan kami berfoto dan juga berbincang dengan pihak penjaga disana terkait pemeliharaan komodo di pulau itu. Setelah dari pulau Komodo kami melanjutkan dan juga Pink Beach. Rasa capek langsung hilang sekejap setelah kami sampai di pulau ini. Kami dimanjakan dengan keindahan pasir berwarna pink disepanjang pantai nya. Kami pun melakukan snorkeling dan sun bathing.

Setelah dari pink beach  kami menuju pulau Kelor untuk menikmati keindahan alam nya dan beristirahat disana (sleeping on boat). Pulau Kelor menjadi tujuan terakhir kami untuk sailing trip ini, lalu kami kembali ke Senggigi dan berpisah dengan turis lainnya.
Sesampainya di Senggigi kami beristirahat dan juga melanjutkan perjalanan kami ke Gili Air dan Trawangan.

Pengalaman berlibur ke NTB & NTT merupakan pengalaman yang tidak dapat saya lupakan karena disana saya dapat bertemu orang – orang baru, mempelajari budaya Indonesia, dan juga dapat melihat ke Indahan Indonesia yang tidak dapat dimiliki oleh negara Lain.